INFO

DALAM RANGKA TAHUN BARU MASEHI #2012: BLOG SEDANG DIPERMAK ULANG.

Outbound di Seloliman, Trawas-Mojokerto bersama Pendamping Lapangan Program Pemulung Sejahtera (PPS)

Written By Informasi singkat tentang saya on Kamis, 31 Juli 2008 | 11.30




Kata sang guru, refreshing itu perlu. Pencerahan pikiran itu perlu juga. Di tengah-tengah kesibukan dan kelelahan pikiran akhirnya saya ikutan juga ke Seloliman. Pergi sama temen-temen relawan Program Pemulung Sejahtera punyanya kantor. Lumayan memfreshkan pikiran. Mulai dari bakar jagung sampai jadi tukang dokumentasi outboundnya. Ya, gambar di atas adalah beberapa produknya. Kalau yang paling atas sendiri dikritik, ya itu kan rekayasa game saja. Maklum, belum semuanya ngikhwahi. Kita juga masih dalam proses berdakwah.
Pikiran untuk membangun jaringan akhirnya masih nyantol di kepalaku. Biasa, dapet pelajaran berharga dari Mr. Pit, pembangun jaringan luas. Mencakup tingkat nasional. (isooo ae...). Akhirnya dapat kontak juga sama salah satu pengurusnya Seloliman dan instrukturnya. Kalau di gambar terakhir, orangnya nomor tiga dari kiri kaos biru. Bagi temen-temen yang mau ke sana dan butuh kontaknya bisa tak kasih.
Bagus lho tempatnya. Buat hicking cukup lumayan lah. alurnya naik turun, naik turun. Maklum lagi, Seloliman adalah bekas hutan dulunya yang tidak terurus. Akhirnya dibeli dengan harga murah dan dikelola. Di sana banyak sekali tanaman-tanaman yang bermanfaat dan kerennya lagi temen-temen di Seloliman mencoba untuk memberdayakan masyarakat sekitar untuk cinta lingkungan dan memanfaatkan sampah untuk didaur ulang. Baik didaur ulang menjadi pupuk kompos atau menjadi barang berharga yang layak dijual dengan harga tinggi. Sayang, waktu itu mau beli produknya, toko sudah tutup. Saking laris manisnya, dalam beberapa jam lamanya sudah habis. Waktu itu kebetulan bertepatan dengan lembaga-lembaga lain yang juga mengadakan pelatihan dan outbound di sana. Jadinya ruame.

1 komentar:

Erika Reski mengatakan...

., aqw suka dengan PPLH seloliman, karena sudah mengembangkan banyak FLORAB dan FAUNA disana.. dan banyak outbond disana bisa mengembangkan atau mengurangi polusi GLOBALIsasi di indonesia

Posting Komentar