INFO

DALAM RANGKA TAHUN BARU MASEHI #2012: BLOG SEDANG DIPERMAK ULANG.

Selalu ada ke-SYUKUR-an dalam setiap langkah

Written By Informasi singkat tentang saya on Rabu, 05 Januari 2011 | 19.51

"Selalu ada kesyukuran dalam setiap langkah"
------------------------------------------------- namovanma

Tiba-tiba saja kalimat itu muncul di benakku. Seperti sewaktu dulu kuliah S1, di saat penat kondisinya tiba-tiba muncul kalimat "Make Life is Good". Kalimat ini muncul dalam kondisi yang hampir sama, namun tak serupa. Kondisi sama-sama penat, karena dalam waktu yang beruntun harus mengerjakan banyak proyek (tugas praktek_red). Belum lagi akan dikejar-kejar waktu ujian sidang dan deadline proposal tesis. Namun, alhamdulillah tak se-stress duluuuuu kala. Maklum, pelajaran yang sangat berharga harus kuambil. Kejadian psikosomatis yang hampir saja membuatku sakit kepala berlanjut tak terjadi. Hanya kumat-kumatan, tapi paling tidak alhamdulillah tak sampai masuk rumah sakit (ups, jangan sampai Ya Allah....). Manajemen waktu, mengenali tipikel diri sendiri, dan manajemen stress sudah mulai di sadari dan diperbaiki.

Lagi-lagi saya berpikir, entah dari kebaikan diri yang mana? entah dari doa saya yang mana? entah dari kebaikan dan doa siapa? begitu kemudahan itu datang saya rasakan. Ketika kondisi perekonomian keluarga sedang minim, empet-empetan (translate: menahan), eh lha kok ada saja rejeki yang datang. Terutama soal makan. Hehe.... harap dimaklumi. Dan beberapa pembolehan penundaan pembayaran yang tak sampai dapat kartu merah.

Sangat terasa sekali ketika dalam kondisi serba mepet, kerjasama dalam menyelesaikan tugas-tugas praktek kami cukup berjalan dengan baik. Saya memulai, yang lain menyelesaikan. Saya melengkapi, yang lain mengkonfirmasi. Saya berdiskusi, yang lain menambahi. Tepat benar!

Di saat ide lagi buntu (maklum tugasnya mikir teruuuus), eh lha kok tiba-tiba "TING!" muncullah ide itu. Tet..tet...tretet..tet..teeeet.... seolah seperti bola salju yang menggelinding. Sekali didorong untuk menggelinding, laju terus berputar. Seolah gaya gesek nol.

Di saat teman-teman sakit karena drop dan flu berkepanjangan, alhamdulillah saya masih bisa mengelola diri untuk tidak sampai sakit berkepanjangan. Maklum, pernah sakit semingguan juga.

Di saat tugas bejibun, alhamdulillah tugas yang diberikan kepada saya pun bisa diselesaikan dan sampai dipresentasikan. Sukses. Alhamdulillah. Padahal sama sekali saya tidak berpikir sejauh itu. I just do it. Apa yang saya bisa dan mampu kerjakan, hajar saja. Insya Allah tak ada ruginya pula.

Kawan, yakini saja bahwa rasa syukur kita itu harus dan harus dilebihkan dari rasa mengeluh kita. Barangkali sedikit-sedikit, sebentar-sebentar kita mengeluh. Ini dan itu. Ternyata jika kita menyadari dan refleksi, Subhanallah ternyata keharusan kita untuk bersyukur lebih banyak daripada rasa keluhan yang harus kita lontarkan.

Jalani apa yang dihadapi, karena tak mungkin Allah memberikan peristiwa atau tantangan buat kita TANPA MANFAAT. Pasti semua ada manfaat, tinggal kita mau mengambil atau tidak. Karena hidup itu ada jalan pilihan.

Nikmati perjalanan hidup dan setiap peristiwa yang ada
Perbanyak berbuat kebaikan, lalu mendoakan setiap diri dan kawan-kawan kita
Bersyukur dan manajemen stress dengan baik
kata Mario Teguh, perhatikan apa yang terjadi!

--------------------------------------------------------
"Dan (ingatlah) ketika Tuhanmu memaklumkan, "Sesungguhnya jika kamu bersyukur, niscaya Aku akan menambah (nikmat) kepadamu, tetapi jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka pasti azab-Ku sangat berat." (Terjemah QS. Ibrahim: 7)

4 komentar:

dimasady mengatakan...

karena begitulah adanya, semangat tetap...
semoga...

~ dy ~

prasojo.arief@yahoo.co.id mengatakan...

Orang-orang besar bukan hanya ketika dia mendapatkan kemenangan saja, tetapi orang-orang besar adalah yang telah melalui proses dengan benar yang berjibaku dengan seribu perjuangan yang panjang, namun yang dia lakukan adalah dalam rangka memberikan sejuta harapan besar dan memberikan kelapangan kepada orang-orang yang berada disekitarnya. Mengucapkan syukur Alhamdulillah merupakan bagian syukur kita kepada Allah, disertai shalawat kepada Nabi Muhammad Rasulullah, tanda-tanda syukur adalah meningkatkan taat dalam setiap tempat dan waktu, syukur dapat dilihat pada setiap kesempatan dan tingka laku. Syukur itu banyak caranya dengan taat beribadah, terus belajar, berusaha, dan berkarya besar. Salam Super kepada semua yang telah berterima kasih dan meningkatkan rasa syukurnya & Selamat berkarya besar.

Pety Puri mengatakan...

top markotop mbak
#saya jadi punya gambaran kuliah ke depannya gimana di PIO, hehe makasihh...
mampir2 ke blog saya yah mbak Asri :D

mbah jiwo mengatakan...

:) selamat hari minggu, eniwei kesyukuran itu betul ya? ejaannya...

Posting Komentar